Diaphragm dan Capsule Element

selamat pagi para pembaca maniac instrument. pada pagi ini saya ingin berbagi ilmu mengenai salah satu element dari pengukuran tekanan yaitu diaphragm element. pada artikel sebelumnya saya juga sudah menjelaskan element lain seperti bourdon tube dan bellows.

Pengertian Diaphragm dan Capsule Element.

Diaphragm Element adalah salah satu element yang digunakan untuk mengukur tekanan . diaphragm element ini memiliki bentuk fisik seperti lempengan besi  cakram bergelombang yang seperti obat nyamuk(corrugated circular ) yang sangat peka . Diaphragm element ini biasanya digunakan pada range tekanan yang agak rendah dengan kisaran range dari tekanan vaccum hingga 200psig.  sedangkan Capsule Element adalah kumpulan dari 2 atau lebih diaphragm yang disusun menjadi satu. jadi secara bentuk fisik hampir tidak jauh berbeda dengan diaphragm .untuk lebih jelasnya kita bisa melihat gambar dibawah ini.


Prinsip Kerja

Prinsip kerja dari diaphragm juga sama – sama menggunakan tekanan yang diberikan dari benda yang ingin diukur. Ketika diaphragm menerima tekanan maka diaphragm akan mengembang dengan tekanan yang sebanding dengan tekanan yang didapat kan. Setelah mendapat tekanan maka akan terjadi perubahan yang akan menggerakan link dan memutar roda gigi yang terkoneksi ke jarum/pointer  dan kemudian akan bergerak sesuai dengan besar tekanan yang diberikan. tentunya design diaphragm yang berbentuk rongga rongga seperti obat nyamuk itu memiliki fungsi tersendiri. fungsi dari diaphram yang dibuat sedemikian rupa adalah untuk menghasilkan defleksi yang lebih besar yang disebabkan oleh bentuknya yang lebih tebal daripada yang diperoleh pada disk datar. sehingga dengan bentuk tersebut akan didapet nilai defleksi tekanan yang lebih liner dan menyebabkan diaphragm menjadi lebih peka. Sedangkan pada kapsul sebenernya tidak jauh berbeda perlu diketahui sensivitas atau kepekaan dari element ini akan semakin bertambah dengan cara menaikan besar dari diameter dari element tersebut.

 

Kelebihan dan Kekurangan Diaphragm element

Kelebihan Diaphragm

Adapun beberapa kelebihan dari elemen diaphragm adalah ;
a)  Karakteristik  overange  tinggi.
b)  Mempunyai linieritas yang baik
c)  Baik untuk pengukuran mutlak maupun differential.
d)  Tersedia dalam berbagai bahan antara lain sangat tahan terhadap korosi.
e)  Dimensi dapat kecil sekali.harganya tidak terlalu mahal.

Kelemahan Diaphragm

Adapun kelemahannya antara lain :
a)  Sangat peka terhadap getaran dan kejutan.
b)  Jika rusak sangat sukar untuk diperbaiki.

About Fajar Santoso

Seseorang yang ingin berusaha menjadi lebih baik dengan mencoba memberikan sesuatu yang bisa diberikan. Penuh Semangat dengan optimisme yang tinggi. Allahu Akbar...

Posted on June 5, 2012, in Instrumentasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. min,, mau tanya, gambar alat ukur yang uda di tunjukin mana elemen primer/perasa, elemen sekunder/ penghubung, elemen manipulasi/ pengukur, elemen penunjuknya.. sama penjelasan cara kerjanya … makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: