Thermocouple

Selain mengukur tekanan tentunya masih banyak variable lain yang masih banyak diukur dalam dunia industri . dalam pembahasan sebelumnya yang telah saya bahas dalam instrumentasi sebagai fungsi pengukuran terdapat 4 element utama yang dimenjadi variable wajib yang harus diukur. pengukuran suhu juga merupakan salah satu pengukuran dari 4 element tersebut. kali ini saya akna menulis mengenai salah satu element pengukuran suhu yang menggunakan metode electrical measurement alat ini adalah thermocouple.

Pengertian Thermocouple

 

Thermocouple adalah salah satu dari beberapa jenis sensor temperatur yang menggunakan metode secara elektrik dan sensor ini adalah sensor yang paling luas digunakan pada dunia penindsutrian . Sensor ini terdiri  dari dua kawat dari logam-logam yang berbeda yang kemudian dilas (dikonneksikan) menjadi satu sama lain pada salah satu ujungnya. thermocouple memiliki paling sedikit dua atau lebih hubungan yang berfungsi sebagai hubungan pertama sebagai variable pengukuran (Hot Junction) dan hubungan yang kedua sebagai referensi variable (Cold Junction) yang nantinya akan digunakan sebagai pembanding antar element.

Prinsip Kerja

Prinsip kerja dari thermocouple menggunakan efek seebeck ( Efek Seebeck adalah konversi energi panas menjadi energi listrik). Arus listrik mengalir pada rangkaian tertutup dari 2 konduktor berbeda, apabila kedua sambungan mengalami beda temperatur. Bila rangkaian dibuka maka akan muncul tegangan Seebeck pada kedua terminal.  jadi menurut efek seebeck ketika dua konduktor yang berbeda menerima panas maka akan menimbulkan emf (Electricmotive Force ) yang akan menimbulkan tegangan kecil dengan kisaran range 1 hingga 70 microvolt untuk setiap derajat kenaikan suhu. Dan kemudian akan dikonversikan sesuai dengan  reference table yang telah ada (table ini sesuai dengan tipe dari thermocoupe yang dipakai).

tentunya thermocouple memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga dalam pemakaiannya perlu ditempatkan sesuai dengan penggunaannya sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. berikut kelebihan dan kekurangan dari thermocouple yang  saya dapatkan dari beberapa sumber referensi saya.

Kelebihan

· Biaya pengadaan awal : rendah
· Tidak ada bagian yang bergerak (No moving parts)
· Range pengukuran : lebar (0 ~ 5000°F)
· Response time singkat / pendek
· Repeatability : cukup baik

 

Kekurangan

· Hubungan temperature dan tegangan tidak linear penuh
· Sensitivitas rendah, umumnya 50 μV/°C (28 μV/°F) atau lebih rendah (tegangan rendah rentan dengan noise).
· Accuracy pada umumnya tidak lebih baik dari pada 0.5 °C (0.9°F), tidak cukup tinggi untuk beberapa aplikasi
.·Memerlukan suatu acuan temperatur yang dikenal, umumnya temperature air es 0°C (32°F). Modern thermocouple mengacu pada suatu acuan yang dihasilkan secara elektris.

Demikian tulisan saya mengenai thermocouple . saya harap dapat menambah pengetahuan anda mengenai salah satu alat pengukur suhu modern yaitu thermocouple. mungkin apa bila masih diberi kesempatan saya akan membahas mengenai tipe – tipe dari thermocouple . terima kasih semoga tiap kita terus diberikan semangat untuk menggali ilmu dan menjadi lebih baik. Salam Semangat.

About Fajar Santoso

Seseorang yang ingin berusaha menjadi lebih baik dengan mencoba memberikan sesuatu yang bisa diberikan. Penuh Semangat dengan optimisme yang tinggi. Allahu Akbar...

Posted on June 6, 2012, in Instrumentasi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. sangat bagus artikelnya saya menunggu artikel tentang RTD dan PT100

  2. Permisi, numpang tanya: thermocouple digital yang dipergunakan untuk mengukur suhu panas di Majic Jar, belinya dimana?

  3. salam b3.06

  1. Pingback: Sensor Suhu : Termokopel | Welcome to My Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: